15 49.0138 8.38624 1 0 4000 1 https://regalmultimedia.net 300 true 0
Pencairan Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara Melakukan dan Mekanisme Pencairan Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Iuran peserta umumnya dipotong dari gaji pegawai yang diterima setiap bulannya dan untuk pemotongan ini, HRD menyiapkan rincian pembayaran Iuran BPJS Ketenagakerjaan.

Pencairan Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Iuran yang dibayarkan ke BPJS Ketenagakerjaan mencakup berbagai jenis perlindungan karyawan, antara lain: Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) , Jaminan Hari Tua (JHT),  Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Pensiun (JP).

Selama terdaftar sebagai karyawan perusahaan, Anda dapat merasakan manfaat JKK jika Anda menjadi korban kecelakaan kerja. Perlindungan yang diberikan biasanya meliputi biaya rawat jalan/perawatan rumah sakit dan upah nominal untuk sampai di tempat kerja akibat kecelakaan kerja.

Namun, apabila Anda tidak mengalaminya, total nominal iuran tersebut bisa Anda rasakan manfaatnya melalui pencairan BPJS Ketenagakerjaan. Berikut cara melakukan pencairannya.

Cara melakukan pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum melakukan penarikan saldo, peserta harus membuktikan bahwa kepesertaannya masih aktif walaupun tidak bekerja pada perusahaan yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Setelah itu, hanya peserta aktif yang dapat meminta pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut ini bagaimana cara cek status aktif BPJS Ketenagakerjaan, syarat yang dibutuhkan untuk meminta pencairan serta mekanisme pencairan saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Cara cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak

  1. Silahkan menuju website http://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id , untuk melakukan pendaftaran akun Anda.SSO pencairan BPJS Ketenagakerjaan
  2. Lalu pilih menu buat akun baru .
  3. Setelah itu , Anda akan mendapatkan PIN yang dikirim melalui SMS dan email ke nomor HP Anda yang telah didaftarkan sebagai tanda bahwa proses registrasi telah berhasil.

Syarat pencairan BPJS Ketenagakerjaan

  1. Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Foto peserta BPJS Ketenagakerjaan
  3. Foto copy Kartu Keluarga (KK)
  4. Foto copy surat keterangan pemberhentian bekerja dari perusahaan Anda.
  5. Foto copy kartu peserta tenaga kerja asli
  6. Buku tabungan dari rekening yang masih aktif
  7. Formulir klaim Dana Jaminan Hari Tua (JHT) yang telah diisi oleh Anda dengan lengkap dan benar

Berikut ini adalah mekanisme pencairan saldo BPJS

  • Cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Secara Online
    Anda melakukan pendaftaran antrian melalui website antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id atau bisa melakukan aplikasi BPJSTKU di App Store ( iOS ) atau Play Store ( Android ).
    Antrian pencairan BPJS Ketenagakerjaan
  • Anda lampirkan dokumen yang dibutuhkan yang sudah di-scan, adalah sebagai berikut;
    KTP, Kartu Keluarga (KK),surat keterangan sudah berhenti bekerja dari perusahaan, salinan buku rekening yang masih aktif, foto peserta dan formulir permohonan pencairan JHT BP Jamsostek yang sudah diisi dan ditandatangani.
    – Isi beberapa data kemudian kirimkan data tersebut ke alamat email yang sudah ditentukan.
    – Hasil verifikasi akan diterima oleh peserta yang mengajukan pencairan JHT.
    – Verifikasi terhadap berkas dan data diri Anda akan dilakukan petugas.
    – Anda datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan mematuhi prokes yang berlaku.
    – Ambil nomor antrian dan melakukan penyerahan berkas sesuai dengan nomor antrian.
  • Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Secara Offline
    Silahkan mempersiapkan berkas pencairan JHT meliputi; KTP, Kartu Keluarga (KK), surat keterangan sudah berhenti bekerja dari perusahaan, salinan buku rekening yang masih aktif, foto peserta dan formulir permohonan pencairan JHT BP Jamsostek yang sudah diisi dan ditandatangani.

Setelah mengetahui bagaimana cara mekanisme pencairan , Anda mungkin punya pertanyaan tentang berapa lama pencairan bpjs ketenagakerjaan?
– Tunggu proses verifikasi petugas dan akan membutuhkan waktu paling lama 10 hari kerja untuk melakukan pencairan saldo.

Pihak BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan lampiran bukti transfer sesuai dengan nama anggota yang melakukan pengajuan pencairan saldo . Demikian cara melakukan dan mekanisme pencairan sald0 BPJS Ketenagakerjaan , semoga bermanfaat.

membuat blog Ide Bisnis Online Untuk Pelajar
Previous Post
11 Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Mudah & Praktis
New Briswa Series
Next Post
Berkat New Briswa Series, Dari Insekyur Jadi Bersyukur

0 Comments

Leave a Reply